'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SSR TBC-HIV Care Aisyiyah Brebes Sosialisasikan Penanggulangan Penyakit TBC
29 Oktober 2018 17:05 WIB | dibaca 332

oleh : Lukmanul Hakim

BREBES – Untuk menanggulangi penyakit TBC di Kabupaten Brebes, Sub-sub Recipient (SSR) TBC HIV Care Aisyiyah Kabupaten Brebes melakukan sosialisasi dan membagikan buku komik tentang TBC. Demikian disampaikan Kepala SSR TBC HIV Care Aisyiyah Brebes Hj. Sa’diyah dihadapan 300 siswa SMK Muhammadiyah Bulakamba, kemarin.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh dewan guru SMK Muhammadiyah Bulakamba, Dinas Kesehatan Kab. Brebes, SSR TBC HIV Care Aisyiyah Kab. Brebes, PDA Kab Brebes, PDM Kab Brebes, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD)  Kabupaten Brebes, Lazismuh Kabupaten Brebes, PDNA Kabupaten Brebes, Perwakilan Kader Community SSR TBC HIV Aisyiyah Kecamatan Bulakamba.
 
SSR TBC HIV Care Aisyiyah, lanjut Sa’diyah, melakukan kegiatan Kampanye Ayo Peduli TBC dengan Launching Komik Akhir Petualangan Si Miko. Didalam komik tersebut berisi tentang informasi penyakit TBC yang dikemasi dalam cerita komik menarik untuk bahan pembelajaran siswa-siswa sekolah maupun remaja di Kabupaten Brebes.
 
“Para pelajar kami kumpulkan pada kegiatan ini, kemudian dibagikan Komik Akhir Petualangan Si Miko. Harapannya agar mereka mudah memahami dan tertarik untuk membaca pengetahuan terkait TBC,” katanya.
 
Hal senada disampaikan Wakil Supervisor (Wasor) TBC Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bahwa kasus TBC di Kabupaten Brebes Tahun 2017 sampai angka 2500, dan itu belum semuanya di obati.
 
“Jadi memang diperlukan sosialisasi penanggulangan TBC sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” imbuhnya.
 
Koordinator program SSR TBC HIV care Aisyiyah Brebes, Zakiah Yasmin berharap,  siswa-siswa SMK sebagai kader penerus KabupatenBrebes sejak dini bisa memahami apa itu TBC.  Bagaimana penularannya, pengobatannya dan cara pencegahannya melalui komik "Akhir Petualangan Si Miko". 
 
“Tujuannya untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap penanggulangan TBC yang perlu di tanamkan kepada siswa-siswi SMK. Kader TBC juga langsung mendapatkan suspect pasien TBC dari siswa SMK yang mengalami ciri-ciri TBC dan langsung diperiksakan ke Puskesmas,” paparnya.
 
Siswa - siswi SMK Muhammadiyah sangat antusias dan berpartisipasi aktif pada acara tersebut. Selain ratusan komik dibagikan untuk siswa SMK Muhammadiyah Bulakamba, SSR TBC HIV Aisyiyah juga membagikan komik kepada Dewan Guru, perpustakaan sekolah, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan CSO Kabupaten Brebes yang hadir.  (29/10)
Shared Post: