'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Audiensi GMPS 2021, KH. Tafsir: Muslim Harus Jadi Pionir Penanganan Sampah
26 Januari 2021 06:49 WIB | dibaca 70
 
Sampah yang sudah menjadi isu internasional belum juga menemukan solusi. DLHK Jateng menyebut sebesar 84,21% sampah dari 48 TPA dalam kondisi terbuka dan tidak dikelola. Hal ini disampaikan oleh Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah pada Audiensi Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) 2021 bersama Ketua PWM Jawa Tengah melalui Zoom Meeting, Senin (25/01) malam. 
 
 
Dalam arahannya, Ketua PWM Jawa Tengah KH. Tafsir mendorong setiap muslim menjadi pionir penanganan sampah. ”Umat Islam seharusnya menjadi pionir dalam menjaga kebersihan, karena tiap hari menjaga taharah/kesucian. Sangat ironi jika Indonesia yang mayoritas muslim belum juga mampu menangani masalah sampah, ”tegas KH. Tafsir.  
 
    
Ketua PWM Jawa Tengah KH Tafsir memberikan arahan dalam Audiensi GMPS 2021 
 
 
Keindahan Islam yang selalu menjaga kebersihan, menurut KH. Tafsir dapat ditunjukkan dengan penanganan sampah yang baik. Pasalnya orang-orang tidak melihat agama dari ajarannya, melainkan dari apa yang nampak dari pemeluknya. 
 
 
"Mari kita tunjukkan, bahwa Muhammadiyah selalu datang di tengah masalah. Jika dulu KH Dahlan merintis PKU (Penolong Kesengsaraan Umum) sekarang mari kita mengurai kesengsaraan umat berupa sampah,”jelasnya.
 
 
Lebih lanjut KH Tafsir berharap GMPS bukan hanya sekedar acara seremonial pencanangan Hari Peduli sampah saja. Namun GMPS bisa menjadi kultur setiap muslim. “Kita bukan saja mempunyai kesadaran bernegara, tapi juga kesadaran beragama, tidak hanya menampilkan pada orang lain bahwa agama Islam peduli dengan kesucian, namun juga mengamalkannya, "tegas KH. Tafsir.
 
 
Kedepan, GMPS akan mengadakan lomba video pendek yang dapat diikuti oleh seluruh ORTOM di Jawa Tengah. 
 
 
 
Kontributor: Deny Ana I’tikafia (Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah)
Editor: Tim Media LLHPB PWA Jawa Tengah
Shared Post: