'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Konsolidasi Organisasi PP, PWA, dan PDA di Jawa tengah
15 Oktober 2019 11:17 WIB | dibaca 33

  

SEMARANG-Muktamar ‘Aisyiyah ke-48 tinggal 10 bulan lagi. Amanat Muktamar merupakan tanggung jawab seluruh Pimpinan di semua tingkatan Organisasi. Seluruh Pimpinan Organisasi perlu memetakan dan merefleksikan kembali program yang sudah dilaksanakan dengan segala faktor pendukung keberhasilan dan program yang belum terlaksana dengan segala faktor penghambat dan tantangan yang dihadapi. Di sisa waktu ke depan diperlukan kesungguhan untuk merumuskan strategi merealisasikan tanggung jawab program yang menjadi amanat Muktamar ke-47 SatuAbad ‘Aisyiyah. Kemitraan strategis dengan Global Fund untuk mengakselerasi program bidang kesehatan khususnya dalam  meningkatkan  partisipasi  masayarakat  dalam pengendalian  dan pencegahan penyakit menular TB HIV telah berjalan cukup lama, selama 16 tahun. Dimulai tahun 2003 sebagai Implementing Unit, SR, dan sekarang sebagai PR yang mencakup 14 Wilayah di 130 Kabupaten / Kota. Kemitraan dengan Kementerian Agama RI cq Direktorat Jenderal Bimas Islam melalui program Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin dan Bimbingan Perkawinan Pranikah, dilakukan pada tahun 2019 ini. Kemitraan ini cukup strategis untuk merealisasikan program bidang keluarga dalam mengembangkan berbagai model pendidikan pranikah bagi calon pengantin dan remaja untuk mengantisipasi pernikahan anak-anak dan pernikahan siri. Salah satu manfaat kemitraan adalah adanya penguatan kelembagaan dan kepemimpinan, di samping akselerasi program. Untuk itu, dalam rangkaian kegiatan supervisi PR-TB pada periode Juli-Desember 2019 dan kegiatan Bimwin Catin (Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin) / Bimwin Pranikah (Bimbingan Perkawinan Pranikah), Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bermaksud menyelenggarakan Konsolidasi Organisasi antara Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah, dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah di Wilayah Program.

Tujuan dari program ini adalah terpetakannya potensi dan dinamika ‘Aisyiyah Daerah dan Wilayah dan program kemitraan, terpetakannya tantangan dan potensi kepemimpinan ‘Aisyiyah di Wilayah dan Daerah, dan terumuskannya  optimalisasi  program, kegiatan, dan penguatan Amal Usaha ‘Aisyiyah jelang Muktamar ‘Aisyiyah ke-48. 

Tempat konsolidasi berada di empat belas Wilayah program TB Care, dan wilayah Jawa Tengah menjadi salah satu tempat untuk kegiatan tersebut. Bertempat di Gedung PWM Jawa Tengah Lantai 5, kegiatan konsolidasi organisasi diikuti oleh pimpinan wilayah 'Aisyiyah Jawa Tengah, ketua dan sekretaris PDA Se-Jawa Tengah, delapan perwakilan dari RS 'Aisyiyah Se-Jawa Tengah, serta Tim SR TB HIV Care 'Aisyiyah JAwa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan pada 12 Oktober 2019 ini juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat 'Aisyiyah dan PR TB HIV Care 'Aisyiyah. (15/10)

Shared Post: