'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Semarak Milad 1 Abad TK ABA dan 102 Tahun 'Aisyiyah di Jawa Tengah
15 Oktober 2019 12:40 WIB | dibaca 57

 

https://youtu.be/vP00Or35BNM

SEMARANG-‘Aisyiyah sebagai organisasi sosial keagamaan yang bergerak pada segala bidang kehidupan, menjalankan misi dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid telah berkiprah selama seratus tahun untuk membela dan memajukan kehidupan umat dan bangsa.  Nyai Walidah Dahlan bersama para penggerak generasi awal telah meletakkan fondasi ‘Aisyiyah sebagai gerakan perempuan Islam berkemajuan yang hadir ke pentas sejarah menyebarluaskan ide-ide pencerahan yang membawa kemajuan hidup umat dan bangsa yang kala itu terjajah, tertindas, dan terbelakang.

Dalam rentang perjalanan sejarah seratus tahun atau satu abad ‘Aisyiyah memang telah menggoreskan jejak “Memuliakan Martabat Umat dan  Berkiprah Memajukan Jawa Tengah”. Pada generasi awal, ketika lahir ‘Aisyiyah memelopori pandangan Islam yang berkemajuan tentang martabat perempuan selain sama mulia dengan laki-laki selaku insan terbaik (fi ahsani taqwim), bersamaan dengan itu membebaskan diri dari paham jumud baik agama maupun budaya yang merendahkan perempuan, memarjinalkannya, dan memposisikannya di ranah domestik.

Menandai kiprah ‘Aisyiyah sebagai pioneer pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, sejak didirikan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 (TK ABA1) di Kauman Jogjakarta pada tanggal 21 Agustus 1919, maka ‘Aisyiyah akan menorehkan sejarahnya. TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal yang sudah satu abad lalu memulai dakwah Islam bagi anak di usia dini, telah mendidik anak Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang cerdas, soleh dan berkarakter Islami, dalam memperingati 1 abad ini mengambil tema “Satu Abad Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Berhidmat Mendidik Negeri”.

Memperingati Satu Abad TK ABA dan 102 tahun 'Aisyiyah, Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Tengah menyelenggarakan ekspo dengan berbagai lomba oleh Majelis dan Lembaga PWA Jateng dan diikuti oleh PDA Se-Jawa Tengah. Berbagai lomba tersebut diantaranya lomba makanan bekal sekolah dari bahan jagung (oleh MKes), Lomba Role Play (oleh MHH), Lomba Laporan QTA (oleh PWA dan LPPA), Lomba Web (oleh LPPA), Lomba Membatik (oleh MEK & LK), Lomba pidato (oleh MT), Lomba MC (oleh MPK), Lomba kerajinan dari plastic dan limbah kertas (oleh LHPB), Lomba Ekspo Pendidikan (oleh Dikdasmen), Youtube Profil Panti (oleh MKS), Lomba Laporan BUEKA (oleh MEK), dan Lomba Paduan Suara (oleh LK). Acara yang dilaksanakan 13 Oktober 2019 ini berpusat di Gedung Serba Guna Universitas Muhammadiyah Semarang dan untuk lomba-lomba majelis / lembaga dilaksanakan di ruang kelas Gedung Kuliah Bersama Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pada acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars 'Aisyiyah, dilanjutkan sambutan-sambutan oleh ketua panitia, Rektor UNIMUS yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 UNIMUS, ketua PWA Jateng, ketua PWM Jateng / yang mewakili, dan ditutup dengan Pidato Milad 'Aisyiyah oleh Ketua Umum PP 'Aisyiyah. Puncak acara pembukaan ditutup dengan persembahan Drum Band oleh anak-anak dari TK ABA Wonodri. Kegiatan berlangsung semarak dan meriah. Pada acara pembukaan ini juga dihadiri oleh dinas-dinas / instansi terkait, beberapa organisasi wanita, dan Angkatan Muda Muhammadiyah. Setelah acara pembukaan selesai, semua peserta mulai memasuki ruang kelas untuk mengikuti lomba masing-masing, dan untuk yang berada di stand ekspo juga disuguhi dengan hiburan-hiburan dan talk show tentang pendidikan karakter anak yang mengundang para narasumber yang ekspert di bidangnya. Lomba berlangsung hingga sore hari pukul 16.00 dan sekaligus diumumkan masing-masing juara lomba di panggung utama ekspo. Selamat kepada para pemenang lomba, semoga bisa menjadikan lebih semangat dan memotivasi PDA yang lain. Setelah itu, acara penutupan oleh panitia, serta ucapan selamat  dan penutup yang disampaikan Ketua PWA Jawa Tengah. (15/10)

Shared Post: