'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

TB Day Di Beberapa Daerah Aisyiyah Jawa Tengah
Home » Informasi TB Care

JAWA TENGAH-Hari TB sedunia atau yang sering disebut dengan TB Day diperingati setiap tanggal 24 Maret. Aisyiyah yang merupakan salah satu organisasi yang sudah berkecimpung lama dalam program penanggulangan TBC di Indonesia turut memperingati hari tersebut. Terlihat di berbagai daerah dan wilayah mengadakan berbagai kegiatan untuk mensosialisasikan TBC kepada masyarakat. Begitu pun Jawa Tengah, peringatan TB Day juga dilaksanakan di beberapa daerah dengan kegiatan masing-masing, seperti Karanganyar, Brebes, Kebumen, Pekalongan, Kabupaten Tegal, Wonosobo, Jepara, dll.

 

  --> TB Day di Karanganyar

Di Karanganyar ada jalan Sehat SSR Community TB HIV Aisyiyah PDA Karanganyar bersama masyarakat Karanganyar dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia yang dilaksanakan pada Ahad, 25 Maret 2018.

 

   --> TB Day di Brebes

Di Brebes, pada hari Ahad, 25 Maret 2018 di islamic center telah berlangsung peringatan TB Day. Kegiatan berupa senam bersama dan pemilihan kader terbaik. Alhamdulillah terpilih kader TB terbaik dari SSR TB HIV Care Aisyiyah Brebes. Semoga senantiasa memberikan pencerahan yang terbaik untuk kehidupan bermasyarakat dan menjadikan pemerintah daerah Brebes bebas TB (Tuberkulosis). Bok Rudi menjadi kader TB terbaik di Kabupaten Brebes,  penerimaan penghargaan diberikan pada hari Ahad tgl 25 Maret 2018 bertempat di Islamic Center oleh Bupati Brebes setelah senam bersama. 

 

    --> TB Day di Kebumen

Di Kebumen, memperingati hari TB Sedunia dengan mengadakan Seminar Peringatan World TB Day 2018 atas kerjasama SSR Kebumen dengan Dinas Kesehatan. Narasumber dalam seminar ini adalah Prof.Dr Yayi Suryo Prandari PHD ( UGM ), dr. MS .Anam Sp.A ( Tata Laksana TB Anak ), dan Asep Iskandar SpKep Kom ( Identifikasi TB melalui Implementasi di Puskesmas ).

 

  --> TB Day di Pekalongan

Di Kota Pekalongan. Bersama Dinas Kesehatan kota Pekalongan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kota Pekalongan melaksanakan kegiatan Road Show "Peduli TB, Indonesia Sehat" dengan membagikan masker dan leaflet kepada masyarakat.

 

  --> TB Day di Kabupaten Tegal

Di Kabupaten Tegal. TB Day Kabupaten Tegal dimulai dengan senam sehat yang kemudian dilanjutkan dengan road show. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Aisyiyah, Dinkes, dan LazisMu.

 

    --> TB Day di Wonosobo

Di Wonosobo. Dalam rangka hari TB sedunia tgl 24 Maret. SSR TB Care 'Aisyiyah Wonosobo mengadakan serangkaian kegiatan yg dilakukan oleh Tim SSR Aisyiyah bersama kader-kader TB care 'Aisyiyah meliputi :
1. Ketuk pintu terarah ke desa2 kantong TB dan juga pasien TB positif untuk dilakukan edukasi + skrining kepada keluarga dan juga tetangga terdekat.
2. Bakti sosial serentak di 3 rumah sakit ( RSUD, RS islam, PKU Muhammadiyah). Membagikan Snack bertuliskan TB day, bunga dan Leaflet TB. Sosialisasi dan edukasi TB ke pasien-pasien TB dan pasien umum di sekitar poli paru dan poli dalam.
 
 
  --> TB Day di Jepara
 
Di Jepara. TB Day diperingati dengan mengadakan Talkshow Radio Aisyiyah Jepara bersama Kepala Dinas Kesehatan yang membahas tentang peran masyarakat dalam penanggulangan TBC di Jepara.
 
 
Itulah beberapa contoh daerah yang melaksankan peringatan hari TB Sedunia (TB Day). Apapun bentuk peringatannya, semoga Masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah menjadi masyarakat yang sehat dan terbebas dari TB.

 

Salam TOSS TB.!!! 

Shared Post: