'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Kegiatan-Kegiatan Majelis Ekonomi
Home » Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan

Aisyiyah Temanggung Buka Toko QTA

TEMANGGUNG- Ahad, 4 Maret 2018 lalu, PD Aisyiyah Temanggung telah resmi membuka Toko QTA. Toko ini menyediakan berbagai macam kebutuhan para konsumen. Pengunjung yang datang bisa memilih sesuai kebutuhan mereka. Dengan berdirinya toko QTA di Temanggung ini semoga dapat menginspirasi PDA yang lain untuk mendirikan toko QTA di daerahnya. 

 

Turba MEK ke PDA Kabupaten Demak
    

DEMAK-Ahad 25 Pebruari 2018. Wakil Ketua PW Aisyiyah Jateng (Ibu Eny Winaryati) bersama bu Rini melakukan kegiatan turba (turun ke bawah) ke PDA Kabupaten Demak. Acara dimulai dari pukul 09.00 sampai  pukul  13.00 WIB. Kegiatan ini juga sekaligus untuk berkoordinasi terkait Toko Q-TA yang akan didirikan oleh PDA Kabupaten Demak di ruang sebelah kantor PDM. Toko yang berdiri merupakan sinergitas antara program MAMPU dengan Majelis Ekonomi PDA Kabupaten Demak. 

Setelah itu, kegiatan berlanjut pada lomba makanan bergizi.  Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 sampai pukul 16.00. Pada kesempatan tersebut Ibu Eny Winaryati membarikan pengarahan pada kegiatan lomba makanan bergizi pada Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) Desa Pecuk Kabupaten Demak yang sebelumnya telah diawali dengan pemberian materi oleh ibu bidan desa.

 

Sosialisasi SWA dan TAMAN@ di Pertemuan Koordinator PCA Se-Kabupaten Karanganyar

    

KARANGANYAR-Tanggal 19 Pebruari 2018 telah berlangsung Rapat Koordinasi PCA se Kabupaten Karanganyar. Acara ini sekaligus juga diisi dengan sosialisasi SWA dan taman@ dari MEK PP Aisyiyah. Salah satu program bersama ME Koordinator se Solo Raya periode Januari - April 2018 yang diputuskan di PDA Surakarta adalah Sosialisasi dan pendirian SWA di masing masing PDA. Untuk menindak lanjuti program tersebut maka Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Karanganyar mengadakan Sosialisasi SWA, dan TAMAN@ dengan narasumber dari PP AISYIYAH yaitu ibu Dra. Endang W, M.Pd beliau pengurus PPA dari Devisi Kewirausahaan dan Ibu Dra. Sarjiyah, M.Pd. dari Devisi Ketahanan Pangan.
Sosialisasi diikuti oleh perwakilan dari masing-masing PCA sebanyak 5 orang yang terdiri dari pengurus harian dan ketua majelis, perwakilan dari masing masing PCNA dan perwakilan PDNA, Tujuan utama diadakannya Sosialisasi tersebut adalah dapat membuka wawasan dari semua peserta tentang pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga dengan berwirausaha yang profesional serta pemanfaatan lahan pekarangan agar bernilai ekonomis.
Adapun untuk mencetak wirausaha yang profesional dan islami maka perlu adanya sebuah  media untuk membentuk para anggota Aisyiyah baik di tingkat ranting, cabang maupun daerah yaitu melalui SWA ( SEKOLAH WIRAUSAHA AISYIYAH ) dan di PDA Kabupaten Karanganyar SWA akan dibuka mulai bulan April 2018. Semoga semua PCA, PRA PCNA dan semua warga Aisyiyah ikut mendukung program pendirian SWA PDA KARANGANYAR tersebut.
 
 

Sehari Bersama BSA Kabupaten Magelang

    

KABUPATEN MAGELANG-MEK PWA Jawa Tengah melakukan kegiatan bersama BSA Kab Magelang selama satu hari penuh pada Sabtu, 17 Pebruari 2018, yang terbagi dalam tiga kegiatan :
1. Mulai pukul 9.30 WIB di BSA Kalibening, diikuti oleh 3 BSA sebanyak 60 orang, bersama PDA, kegiatan diterima oleh Bapak Kepala Desa Kalibening yang luar biasa dan semngat  beserta ibu. Kegiatan dilaksanakan di rumah kader. Bapak Kades sangat mendukung kegiatan Balai Sakinah Asisyiyah (BSA). Kegiatan berahir pukul 12.30 WIB.  Produk Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) antara lain : klanting, roti, slondok, dll. Usaha ini akan dikembangkan  menjadi usaha ekonomi terkait dengan jasa. Kegiatan BSA di Backup dan mendapat dukungan yang sangat tinggi  melalui dana desa.
2. Kegiatan BSA di Lereng Gunung Merapi. Kecamatan Dukun, Desa Paten, pada BSA Babata 1. Diikuti oleh 5 BSA sekitar 60 orang. Kegiatan menonjol usaha ekonominya karena didasarkan ketersediaan lokal, yaitu rumput yang melimpah, maka diadakan usaha peternakan. Semula satu kambing sekarang  telah berkembang  menjadi tiga dan sekarang ada kambing yang sedabg mengandung. Selain itu juga ada usaha sayuran. Kegiatan ini dimulai dari pukul13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Alhamdulillah sukses. Turba ini  bersama PDA Kabupaten Magelang yang dilaksanakan di PAUD Insan Mulia Aisyiyah 1 Dukun.
3. Pasca dari Dukun langsung Safari dilnjutkan ke Desa Pekunden. Ada 5 BSA,  bersamaan dengan kegiatan di BSA Mriyan, usaha ekonomi yang mencolok adalah pembuatan bris dan minuman instan. Nama dari kelima BSA yaitu Klitak, Tambakan, Guling, Pakunden, dan Mriyan. Kegiatan berlangsung di rumah kader. Kegiatan dimulai dari pukul 16.00 WIB sampai 17.30 WIB. Safari bersama ibu-ibu PDA Kabupaten Magelang.
 
 

Diskusi Aisyiyah MAMPU Kabupaten Demak

DEMAK-Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Demak melalui program MAMPU mengadakan kegiatan diskusi dengan membahas isu-isu kesehatan dalam RPJM, RKPD, SDGs tentang kafe/rumah gizi. Kegiatan yang dilaksanakan pada 2 Februari 2018 ini diikuti BSA-BSA Kecamatan dan PDA Kabupaten Demak bertempat di Darussalam Centre Demak. Dikordinatori oleh Ibu Dra. Sri Suryaningsih,M.Pd dan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak (Ibu Asih Ariyani, SSIT, MKes). Dilanjutkan Kegiatan koordinasi Kader Motivator MAMPU se Kabupaten Demak.

 

Konsolidasi Balai Sakinah Aisyiyah (BSA)

PW Aisyiyah Jawa Tengah mengadakan konsolidasi BSA (Balai Sakinah Aisyiyah) Sasaran, Scaling Up, dan Rintisan BSA Pagi (7/1). Melalui koordinasi dengan kader-kader BSA nantinya BSA akan dikembangkan menjadi QTA. Alhamdulillah semua PDA siap mengembangkan BSA di Cabang dan Ranting. Kegiatan ini merupakan kerja sinergis antara MEK PW Aisyiyah dengan MEK PW Muhammadiyah Jawa Tengah dan sebagai kelanjutan pengembangan BUEKA, dan nantinya diharapkan setiap PDA minimal mendirikan 1 toko QTA.

 

Diskusi dan Koordinasi Toko QTA PW Aisyiyah

   

KENDAL-Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah mengadakan kegiatan DISKUSI DAN KOORDINASI TOKO QTA pada Ahad, 7 Januari 2018. Kegiatan dilaksanakan di Akper Muhammadiyah Kendal dan diikuti oleh 30 PDA se-Jateng. Kegiatan ini merupakan kerja sinergitas dengan MEK PWM dan sebagai kelanjutan pengembangan BUEKA yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Kelanjutannya setiap PDA minimal mendirikan 1 (satu) Toko QTA.

 

Diskusi Produksi Garam Rebus Sarila di BSA Kedungmutih PD Aisyiyah Demak

     
 

DEMAK-Pimpinan Daerah Aisyiyah Demak mengadakan kegiatan diskusi tentang produksi garam rebus Sarila. Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan tentang cara pembuatan garam rebus Sarila yang digunakan untuk makanan, kesehatan, dan kecantikan oleh Bapak Khotib. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 5 Januari 2018 di Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) Kedungmutih Kecamatan Wedung Kabupaten Demak ini dihadiri oleh PWA Jateng (Ibu Dra. Hj. Ummul Baroroh, M.Ag, Ibu Dra. Eny Winaryati, Ibu Yuni Kuntari), PDA (Ibu Bakir, Ibu Hamdanah, Ibu Dra. Susi Alifah), Kordinator MAMPU (Ibu Dra. Suryaningsih), dan Ibu Ervina (Managemen).

Shared Post: